Manfaat Dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

Manfaat Dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

Manfaat Dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

Hari-hari ini mendapatkan sertifikasi ISO akan hampir pasti meningkatkan reputasi bisnis organisasi. Standar ISO mensyaratkan pelaksanaan sistem mutu didokumentasikan manajemen untuk memfasilitasi peningkatan kinerja dan efisiensi.

ISO sertifikasi dimaksudkan untuk setiap organisasi terlepas dari ukuran jenis atau produk termasuk layanan. Menurut standar ISO ada sejumlah persyaratan sistem yang organisasi perlu dipenuhi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan persyaratan peraturan dan perundang-undangan. Memastikan kepuasan pelanggan melalui sistem manajemen mutu merupakan tujuan utama dari standar. Standar ISO juga mencakup unsur-unsur yang membutuhkan pemantauan dan pengukuran proses dan perbaikan berkelanjutan.

Dalam rangka mencapai sertifikasi organisasi harus memiliki sistem manajemen mutu yang terdokumentasi dan bukan sistem dokumen. Tiga tujuan utama dari dokumentasi seharusnya untuk komunikasi informasi bukti kesesuaian dan berbagi pengetahuan. Dokumentasi sistem manajemen mutu dapat dalam bentuk atau jenis media seperti kertas elektronik atau gambar. Sebuah sistem mutu sesuai manajemen perlu untuk mengatasi elemen kunci dari standar. Ada lima bagian yang menguraikan persyaratan sistem compliant bagian Sistem Manajemen Mutu bagian Tanggung Jawab Manajemen Manajemen Sumber Daya pasal pasal Produk Realisasi dan bagian Analisis Pengukuran.

ISO bagian mensyaratkan bahwa suatu organisasi memiliki sistem terdokumentasi dengan prosedur di tempat untuk mengontrol dokumen dan catatan. Bagian membutuhkan sistem manajemen mutu untuk menyertakan kebijakan mutu dan manajemen senior untuk menunjukkan komitmen manajemen mengalokasikan tanggung jawab dan wewenang dan melakukan tinjauan manajemen

Bagian dari standar membutuhkan sistem anda untuk mengatasi dan meninjau persyaratan untuk sumber daya sumber daya manusia dan lingkungan pelatihan infrastruktur dan pekerjaan. Bagian dari standar mendefinisikan persyaratan untuk perencanaan desain dan pengembangan produksi pengendalian pembelian properti pelanggan dan pemantauan dan pengukuran. Bagian mendefinisikan persyaratan sistem manajemen mutu untuk pengukuran pemantauan dan perbaikan dan termasuk pemeriksaan sub-klausa internal kontrol non-conforming produk tindakan perbaikan dan tindakan pencegahan yang semuanya adalah prosedur wajib seperti yang didefinisikan oleh standar.

ISO mengacu khusus untuk hanya prosedur terdokumentasi namun dokumentasi lainnya mungkin diperlukan oleh sebuah organisasi untuk mengelola proses-proses yang diperlukan untuk operasi yang efektif dari sistem manajemen mutu. Selain persyaratan dokumen standar mendefinisikan dua puluh satu persyaratan khusus untuk catatan.

Ada beberapa persyaratan dari ISO di mana nilai dapat ditambahkan ke sistem manajemen mutu dengan penyusunan dokumen lain untuk menunjukkan kesesuaian seperti bagan aliran proses deskripsi proses bagan organisasi spesifikasi instruksi kerja daftar pemasok yang telah disetujui dan inspeksi rencana.

Dokumentasi yang diperlukan dalam sistem untuk mencapai sertifikasi ISO tidak lagi sebagai berat seperti sebelum tahun dan nilai ISO sertifikasi bagi suatu organisasi tidak pernah lebih tinggi. Sertifikasi mengirimkan pesan yang jelas kepada semua pihak yang berkepentingan bahwa organisasi berkomitmen untuk standar yang tinggi dan perbaikan berkesinambungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: